Tips Mencetak Anak Ahli Sedekah

Tidak ada komentar 1309 views

Tips Mencetak Anak Ahli Sedekah

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menciptakan anak cinta sedekah. Tiada hari terlewati dengan tanpa berbagi. Sedekah seolah seperti kebutuhan pokok, dibutuhkan setiap hari, dilakukan setiap hari, hingga akhirnya kebiasaan ini menjadi budaya keluarga yang meng-akar.

Saya bahagia, luar biasa bahagia karena harapan mewujudkan anak cinta sedekah akhirnya terwujud. Ini nikmat luar biasa dari Dia Alloh Sang Maha Dermawan.

Bagaimana setiap hari anak pertama kami (Kaisan Kamil Hizfar Ramadhan) selain meminta jatah untuk menabung dan jajan, dia juga meminta jatah sedekah, semua terjadi karena kebiasaan dan pembiasaan.

Cara yang saya dan istri lakukan sangat sederhana, siapapun bisa melakukannya. Hanya menguatkan disiplin sebagai pembiasaan agar menjadi kebiasaan. Berikut caranya :

Setiap bulan kami menyiapkan jatah sedekah untuk anak, nominalnya disesuaikan saja dengan kemampuan kita, tidak besar yang penting istiqomah setiap hari, yang utama adalah poin pembelajarannya masuk. Bisa Rp. 2.000 sampai Rp. 5.000 setiap harinya, jadi sebulan bisa Rp. 60.000 hingga Rp. 150.000. Kami bimbing anak untuk  membagikan uang tersebut setiap harinya, bisa ke kotak amal masjid, anak yatim, janda tua dhuafa, pengemis dhuafa dan sebagainya., pokoknya setiap hari harus sedekah. Maka dijamin anak akan terbiasa tanpa di bimbing lagi setiap harinya. Dia akan merasa ada yang hilang ketika tidak sedekah.

Selain yang rutin setiap bulan tersebut, usahakan dalam suasana tertentu, baik itu terencana maupun kondisional kita arahkan anak untuk berbagi. Contoh saat jalan-jalan dimana saja, ketika ada objek yang pantas dibantu, maka berikan kepercayaan pada anak untuk memberikan sedekahnya. Contoh yang lain pada saat ulang tahun, lebaran dan acara-acara keagamaan, berikan jatah sedekah untuk anak dan biarkan dia ikut berpartisipasi memberi dan berbagi.

Sahabat kangaef.com yang sudah menjadi orangtua, silahkan mencobanya. Kebiasaan anak kita bersedekah bukan untuk siapa-siapa, tapi pahala dan barokahnya adalah untuk kita orang tuanya dan untuk anak kita.

Dijamin, Demi Alloh.., anak yang sudah terbiasa sedekah akan diberikan kemudahan luar biasa dari Alloh. Sedekahnya akan menjadi tabungan yang bukan hanya dipetik di akhirat tapi juga di dunia. Kesuksesan, kesholehan, kekayaan, kehormatan dan kesehatan  anak kita akan didapat dengan mudah karena sebab kebiasaan sedekahnya.

Sudah saatnya, bukan hanya menabung untuk masa depan anak kita… Tapi juga bersedekah untuk kesuksesan anak kita dunia juga akhirat… Pasti, Dijamin Alloh !!!

Semoga tulisan sederhana ini menginspirasi seluruh orangtua dimanapun berada.. aamiin.

author
Penulis: 
Catatan Sederhana Kang Aef

Tinggalkan pesan "Tips Mencetak Anak Ahli Sedekah"