Sudahkah Berdo’a Untuk Orang Lain ?

Tidak ada komentar 209 views

berdo'a

Jangan sibuk berdo’a untuk kepentingan pribadi.

Bawa orang lain dalam do’a kita. Termasuk untuk saudara kita di Palestina. Untuk teman kita, sahabat kita, tetangga kita, keluarga kita bahkan orang lain yang tidak pernah kita kenal dan mengenalnya. Di Indonesia maupun di belahan bumi manapun.

Sudahkah berdo’a untuk orang lain? Harusnya tiap hari, tiap saat, setiap kita berdo’a untuk diri sendiri, setiap itu pula kita berdo’a untuk orang lain.

Setiap do’a tersebut akan kembali pada kita, para malaikat malah yang balik mendoa’kan kita. Lihat salah satu hadits riwayat Muslim :

“Tidak ada seorang muslimpun yang mendo’akan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata : Dan bagimu juga kebaikan yang sama”

Keren bingitttzzz pokoknya. Sudahlah, jangan merasa rugi berdo’a untuk orang lain, yakin Alloh ijabah hal yang sama seperti do’a kita. Yakin para malaikat meng-aamiinkan hal yang sama atas do’a yang terpanjatkan buat orang lain.

Ibnu Qoyyim Al Zaujiyyah dalam salah satu kitabnya pernah menuangkan mutiara hikmahnya :

“Saat engkau tertidur lelap, boleh jadi pintu-pintu langit diketuk oleh puluhan doa yang memohonkan kebaikan untukmu. Do’a itu datang dari si fakir yang pernah engkau tolong, dari orang yang lapar yang pernah engkau beri makan, dari orang sedih yang pernah engkau bahagiakan, dari orang yang pernah berpapasan denganmu dan kau beri senyuman untuknya, atau dari orang yang dihimpit kesulitan yang telah engkau lapangkan. Maka jangan pernah meremehkan sebuah kebajikan untuk selama lamanya..”

Yuuk sahabat, kita belajar mendo’akan orang lain. Melihat, mendengar apapun tentang orang lain, mari kita bawa dalam do’a untuk kebaikan mereka… Berbuat kebaikan, minimal dengan mendo’akan mereka…

author
Penulis: 
Catatan Sederhana Kang Aef

Tinggalkan pesan "Sudahkah Berdo’a Untuk Orang Lain ?"