Grafik Hidup Kita Harus Terus Meningkat (inspirasi timnas Portugal part 1)

2 comments 466 views

Perhelatan sepakbola terbesar negara-negara eropa sudah berakhir tadi pagi. Banyak cerita yang dramatis, mengharukan dan penuh emosional. Portugal yag tidak pernah di unggulkan, ternyata menjadi kampiun.

Anak saya yang gede (kaka) menjagokan dua tim di piala eropa tahun ini yaitu prancis dan portugal, dan keduanya masuk final. Bagus juga nich feeling anak saya hee.. Apalagi pas final, ketika banyak orang menjagokan prancis eeh dia malah memilih portugal. Dan hasilnya Buuuummm, timnas portugal beneran jadi juara..

Artikel kali ini bukan membahas anak saya dan prediksinya, tapi kangaep.com mencoba untuk mengurai beberapa ibroh dari kemenangan timnas Portugal. Saya coba menulis beberapa poin yang bisa kita tadabburi dari peristiwa ini, untuk kemudian menjadi inspirasi menjalani kehidupan lebih baik lagi. Yuuk mariii kita simak !!

Inspirasi Pertama :

grafik hidup kita harus terus meningkat

  1. Grafik hidup kita harus terus naik 

Timnas Portugal di babak penyisihan bermain tidak bagus (menurut saya). Main tanpa kolektivitas tim, tidak jelas skema serangannya. Ini yang kemudian mereka hanya mengumpulkan 3 poin di babak fase grup. Beruntung mereka lolos ke fase berikutnya…hee.

Tapi lihat ada evaluasi yang terus menerus dibenahi dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya. Grafik permainan mereka terus meningkat. Banyak yang terlihat jelas dibenahi oleh pelatih; gaya mereka bertahan, menyerang hingga bahu membahu sebagai sebuah tim dalam mengapresiasi pertandingan terlihat makin membaik. Hingga puncak permainan Portugal terlihat membaik saat melawan Wales dan Prancis.

Seperti itulah hidup ini, harusnya tiap waktu grafik hidup dan kehidupan kita terus menanjak.

Hidup ini harus punya target, harus ada plan yang jelas dan evaluasi terus menerus grafik kehidupan kita. Kesuksesan itu hanya akan diraih oleh orang-orang yang terus bergerak dan berjuang untuk hidup lebih baik dari waktu ke waktu. Rosulpun mengajarkan seperti itu : kalau mau sukses yaa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Atau kalimat AlQuran yang intinya Alloh tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali mereka merubah diri mereka sendiri (QS 13:11), ayat ini seakan mengajarkan “ayoo tingkatkan terus grafik kualitas hidupmu, agar Alloh merubah nasibmu“.

Kalau biasanya tahajud cuman seminggu sekali, ubah grafiknya menjadi 2 hari sekali, ubah lagi grafiknya menjadi setiap malam. Kalau biasanya sedekah cuman tiap sholat jumat doang, ubah grafiknya menjadi tiap 2 hari sekali, ubah lagi grafiknya jadi setiap hari. Biasanya sedekah cuman 2,5 % dari penghasilan, tingkatkan grafiknya menjadi 5 % bahkan terus-menerus hingga mencapai puncak grafik yang menurut kita itu performa sedekah kita yang terbaik. Sholat dhuha pun sama terus tingkatkan grafiknya. Dan lain sebagainya, Tingkatkan terus grafik ibadah dan amal sholeh kita. Hingga membentuk gambar grafik yang terus menanjak.

Urusan duniawi juga begitu, minimal usaha dan targetnya makin menanjak (sekali lagi usaha dan targetnya yaa, bukan wujudnya. Karena wujud (hasil) itu mengikuti seberapa besar target dan usaha kita dalam mewujudkan target tersebut). Tahun ini masih ngontrak, targetkan sekian tahun kemudian bisa punya rumah sendiri. Sekarang masih jomblo, ubah grafiknya pada tahun sekian sudah berumah tangga. Penghasilan sekian rupiah pada tahun ini, ciptakan grafiknya menjadi meningkat pada tahun berikutnya. Teruslah berusaha grafik kehidupan kita menanjak. Pray and action. Perjuangan ini akan menjadi nilai berharga dimata Alloh.

Ingat sekali lagi khusus urusan duniawi saya tekankan grafik target dan ikhtiarnya yaa.. Bukan grafik target wujudnya, karena kalau tujuannya merubah grafik wujud, bisa-bisa kita menghalalkan segala cara. Nyuri, korupsi, nilep anggaran, nipu, pesugihan.. iiich naudzubillah deech.

Semoga kita semua bisa merubah grafik kehidupan kita semakin naik dan terus menanjak mencapai puncaknya menjadi pemenang.

Yang utama adalah fokus menaikan grafik amal sholeh, karena kalau grafik deket ke Alloh sudah makin berkualitas, dijamin grafik duniawi juga akan naik.

Ga percaya lihat janji Alloh di surat At-Tholaq ayat 2-3 :

وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا : Ayo tingkatkan grafik taqwa kita agar diberi jalan keluar untuk meningkatkan grafik hidup kita

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ : bahkan akan mendapatkan rezeki yang terkadang tidak disangka-sangka arah datangnya (percepatan menaikan grafik hidup)

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ : dan juga sandarkan semua ikhtiar kita ke Alloh (tawakkal), agar terpenuhi segala kebutuhan hidup kita (kualitas hidup secara duniawi pun akan berubah dan menanjak)

Inspirasi selanjutnya >> klik disini : Inspirasi keduaInspirasi ketiga

author
Penulis: 
Catatan Sederhana Kang Aef
  1. author

    husni2 tahun ago

    Keren kang, inspirarif dan sangat memotivasi diri saya.

    Balas
    • author
      Penulis

      Kang Aef2 tahun ago

      heee, cuman bisa ngasih motivasi, belum jadi inspirasi.. hayu kang, menggapai puncak kesuksesan bersama-sama.. kita bikin sistem bisnis yg kuat.

      Balas

Tinggalkan pesan "Grafik Hidup Kita Harus Terus Meningkat (inspirasi timnas Portugal part 1)"