Apa yang Direkam Anak Bisa Menjadi Oksigen Atau Polusi

Tidak ada komentar 87 views

Habit adalah tindakan yang secara sadar ataupun tidak sadar terus berulang dilakukan, sehingga menjadi kebiasaan.

Beberapa minggu ini saya dan istri sengaja meng-kondisikan habit anak kedua kami (Kamil Dua). Membuat skema pembiasaan yang harus tiap hari dia lakukan. Dia harus mendengar dan melihat segala sesuatu yang baik. Mengarahkannya agar terbiasa dengan semua kebaikan.

Bukan tanpa alasan kami berdua melakukan ini. Kami merasa ada yang harus dibenahi dari Kamil Dua. Ada yang harus dibiasakan menjadi habit yang lebih baik. Karena selama ini kami loss pengawasan habit padanya, semenjak Kamil Dua tinggal terpisah pasca sakit di awal tahun.

habit baik

Alhamdulillah hanya butuh sekian hari perubahan itu sudah terlihat. Bahkan menurut saya akselerasinya cepat sekali. Hari demi hari habit nya mulai sesuai dengan keinginan saya dan istri. Membuat saya bangga dan bahagia.

Begitulah habit. Habit baik itu harus dikondisikan, bahkan kalo perlu dipaksakan. Habit baik itu habitatnya harus baik.

Anak kecil itu masih kosong memorinya. Masih putih kalau itu adalah kertas. Mau kita isi apa dan tuliskan apa. Habitnya dipengaruhi apa yang dia lihat setiap hari dan yang dia dengar setiap saat. Dia akan merekam dan melakukan hal sama. Sesuatu yang terus menerus didengar dan dilihat bisa menjadi polusi dan bisa juga menjadi oksigen.

Habit anak kecil itu yaa bagaimana habit yang dia lihat… Mari kita bentuk habit anak-anak kita dengan habit yang baik, habit yang menuju mengenali Alloh, habit yang belajar mencintai Rosul, habit baca Quran, sholat, habit sedekah, habit mengecilkan dunia dan membesarkan akhirat sebagai tujuan..

Bukankah akhir hidup kita bagaimana habit kita selama hidup. Bahkan kematian kita juga salahsatunya sesuai dengan habit yang terus dijalani selama ini.

Semoga kita menghadap kepada-Nya dalam keadaan habit yang baik… Aamiin.

author
Penulis: 
Catatan Sederhana Kang Aef

Tinggalkan pesan "Apa yang Direkam Anak Bisa Menjadi Oksigen Atau Polusi"