Waspada : Rangkaian Kalimat Bisa Mengubur Harapanmu

Tidak ada komentar 487 views

Beberapa hari kemarin teman saya kedatangan temannya (biar gampang dicerna sebut saja namanya X) , pas memang saya juga ada disana. Mereka berbicara banyak hal, saya hanya sesekali menimpali saja. Berkali-kali X memotong bahkan mematahkan semangat teman saya. Kata-katanya terdengar adalah saran, tapi mengandung makna yang melemahkan.

Beberapa kalimat pelemahan yang terekam di otak adalah sebagai berikut :

  1. Teman : “saya sekarang sedang mencoba membuat website berisi dakwah, yaa semampunya saya saja lah, yang penting minimal ada yang tercerahkan setelah membaca artikel dalam web tersebut”, X : “awas lho bro hati-hati, antum belum menguasai sekali ilmu agama sudah berani membuat konten-konten dakwah, nanti kalo ada yang nanya atau bahkan ada yang komplain dengan pemahaman kamu bahaya, bisa jadi bumerang, apalagi ente masih muda, banyak yang faham agama lebih senior dari kita, ini sich menurut saya”
  2. Teman : “ada bisnis yang sekarang sedang digarap sedikit-sedikit, mudah-mudahan jadi jalan nambah rizki”, X : “mendingan fokus saja dulu bekerja di tempat yang sekarang, kumpulin dulu modal baru nanti garap bisnis pribadinya, takutnya ente kerjaan terganggu, bisnis ga jalan..”
  3. Teman : “anak insya Alloh yang gede mau masuk pesantren di Cirebon”, X : “walah kasihan bro, masih kecil udah jauh dengan orangtuanya, iya kalo bener anaknya amanah mau belajar dengan tekun, tapi kalo malah ga bener, kan rugi 2 kali ente, yang pertama sudah jarang ketemu anak, pendidikannya ga sesuai dg yg kita harapin lagi. Menurut saya mah mendingan nanti az kalo sudah usia SMA atau kuliah, biar anaknya sudah siap dan minimal sudah mengerti kehidupan lah”
  4. Dan sebagainya, hampir setiap yang keluar adalah saran yang melemahkan hidup.

Kita sebenarnya sering bertemu dengan orang-orang yang setiap kalimatnya mengandung pelemahan bahkan racun yang membunuh semangat kita. Hanya saja kita sering tidak sadar. Kita merasa itu adalah saran yang dapat menjadi referensi masukan untuk mengambil keputusan.

Sering semangat kita tiba-tiba melempem dan ciut ketika ada yang berkomentar negatif. Sering kita pending rencana besar hanya kemudian ada pertimbangan yang melemahkan kobaran semangat tersebut. Sering kita berhenti saat memulai sesuatu hanya karena cibiran negatif yang masuk ke telinga.

Hati-hati memilih teman untuk sharing, karena terkadang berdampak besar pada keputusan kita.

Hati-hati juga kalimat kita saat bertutur, jangan sampai itu melemahkan atau bahkan mengubur harapan seseorang untuk sukses.

Perhatikan juga bahasa kita saat berkomunikasi dengan anak, jangan sampai anak-anak kita menjadi pecundang/penakut dan lemah mental hanya karena kalimat kita menjadi virus yang melumpuhkan karakter positifnya.

Semoga kita menjadi orang-orang yang mampu menumbuhkan semangat orang lain, bukan malah membunuhnya. Menjadi orang yang mentransferkan aura positif kesuksesan, bukan malah mengubur kesuksesan orang lain. Menjadi orang yang mampu membakar semangat orang lain, bukan malah memadamkannya.

waspada rangkaian kalimat bisa mengubur harapanmu

Percayalah hanya orang-orang yang terus berkomunikasi positiflah yang akan terus positif hidupnya…

author
Penulis: 
Catatan Sederhana Kang Aef

Tinggalkan pesan "Waspada : Rangkaian Kalimat Bisa Mengubur Harapanmu"