Selalu ada Solusi Serumit Apapun Masalahnya : Jangan Pernah Putus Asa !!

Tidak ada komentar 781 views

selalu ada solusi serumit apapun masalahnya

Hidup ini tidak pernah berjalan mulus, akan selalu ada jalan terjal harus kita lalui. Banyak diantara kita menghadapi masalah pelik, seperti buntu tidak ada jalan keluar. Seakan solusi tidak akan pernah ada. Terjepit dan tidak bisa bergerak. Ini pula yang menyebabkan banyak diantara kita tidak sanggup menghadapinya. Tidak sedikit yang kemudian salah jalan, ada yang bunuh diri, depresi dan menjadi gila bahkan ada yang kemudian musyrik menjual aqidah dan menuhankan pertolongan selain Alloh.

Sebenarnya setiap masalah pasti ada solusi, ada jalan keluarnya. Sesungguhnya setiap masalah sudah ditakar sesuai kemampuan kita oleh Alloh (Laa yukalifullohu nafsan illa wus-aha). Permasalahan terbesar adalah bukan pada masalahnya, tapi pada sikap dan mental kita dalam menghadapinya. Dan sebaik-baiknya sikap adalah tetap bertahan untuk merapat pada Alloh.

Saya pernah berada di ujung tanduk, penagih hutang mengincar setiap hari, sepertinya tidak mungkin bisa menyediakan uang puluhan juta dalam waktu seminggu. Tapi lihat keajaiban-Nya, selalu ada jalan dari arah yang tidak pernah saya sangka, diluar nalar / logika saya. Hutang lunas dalam tempo kurang dari seminggu. Kuncinya hanya satu, dalam keadaan mentok tetap bertahan fokus ke Alloh saja. Yakin Alloh pasti menolong.

Seorang teman sebut saja kang Rekso namanya, suatu ketika pernah berada di ujung tanduk, dua anaknya terancam tidak bisa mengikuti ujian karena belum melunasi uang perkuliahan. Dalam waktu satu hari dia menjadi orang bingung, tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tapi lihat, lagi-lagi Alloh datang membawa uang buat kang Rekso, tanpa pernah diduga jalan keluarnya. Kuncinya hanya satu, dalam keadaan mentok tetap bertahan fokus ke Alloh saja. Yakin Alloh pasti menolong.

Teman saya yang lain, seorang pekerja serabutan, bertemu dengan saya pada tahun 2014 di sebuah rumah sakit swasta. Dia bingung tidak menentu ketika anaknya masuk rumah sakit. Keuangan menjadi problemnya. Hari-hari dibebani dengan biaya rumah sakit yang entah harus kemana dia mencarinya. Dan ketika dia pasrah, sembari habis-habisan merangkak pada Alloh, mendekat pada-Nya. Keajaiban itu datang, malaikat turun membawa solusi. Luar biasa.

Ada juga sepasang suami istri bertemu dengan saya ketika sama-sama mengunjungi salah satu panti yatim. Dia bercerita bagaimana beratnya menanggung beban mental, bertahun-tahun membina rumah tangga belum juga dikarunia anak. Pengobatan dan konsultasi entah sudah berapa puluh kali, ke dokter maupun herbal. Hingga pada satu titik, mereka menyadari bahwa hanya Alloh tempat mereka menaruh harapan. Hari-hari mereka habiskan dengan semaksimal mungkin menempel Alloh. Terus mengejar Alloh dengan ibadah dan amal sholeh. Menangis dalam do’a berdua, menangis dalam sholat berdua, baca qur-an berdua sambil air mata tak henti menetes. Dan keajaiban itu datang, Alloh meniupkan ruh kedalam rahim istrinya tersebut. Dan hari itu adalah bagian dari rasa syukur mereka mendatangi panti yatim tersebut. Miracle

Dan banyak lagi kisah beberapa orang yang sudah di ujung tanduk, kemudian Alloh datang membereskan semuanya. Ada yang tiba-tiba sembuh dari penyakitnya, ada yang kemudian positif hamil setelah di vonis tidak punya keturunan, ada yang tiba-tiba mendapat pertolongan ketika musibah terjadi dan lain sebagainya. Jalan keluarnya selalu ada, tanpa pernah dibayangkan.

Sebenarnya para nabi sudah mengajarkan pada kita tentang tetap fokus ke Alloh saja ketika menghadapi masalah.

Lihat kisah nabi Musa, ketika Fir’aun beserta bala tentaranya mengejar hingga berada di batas yang mentok. Saat itu nabi Musa beserta kaumnya terjepit dan tak mampu lagi bergerak. Depan lautan dan belakang tentara Fir’aun. Semua pengikut nabi Musa sudah putus asa “kita tidak bisa kemana-mana lagi, tidak ada jalan keluar, kita mentok”. Tapi lihat jawaban nabi Musa “Tidak, kita punya Alloh, Dia Maha Hebat, bisa membuat jalan keluar dari arah yang tidak disangka”. Alloh pun datang dengan mu’jizat terbelahnya lautan menjadi jalan bagi nabi Musa dan kaumnya.

Atau lihat nabi Ibrahim, posisinya di ujung tanduk. Semua sudah siap dengan prosesi pembakaran dirinya. Ini sebuah hukuman dari raja Namrudz, raja yang berkuasa kala itu. Nabi Ibrahim tetap fokus pada Alloh dengan do’a-do’anya, dia melupakan masalah besar yang sedang dihadapinya. Dan Alloh pun datang dengan pertolonganNya.

Sahabat kangaef.com, pertolongan Alloh itu ada dan pasti selalu ada, yaa karena alloh itu tidak pernah dzolim pada hamba-hambaNya.

Yang perlu kita lakukan adalah memandang masalah pelik yang kita hadapai sebagai sesuatu yang kecil, dan kemudian memandang Alloh pemberi solusi yang Maha Besar.

Iman itu percaya, termasuk percaya pada pertolongan Alloh. Kalau iman yang sudah bicara, maka tidak ada masalah yang rumit. Kita mah cukup fokus ke Alloh dengan ikhtiar dan tawaqqal pake iman, lalu biarkan Alloh yang mendesain solusinya.

Maju terus sahabatku semua.. Cukup Alloh penolong kita. Jangan bersedih, apalagi putus asa karena selalu ada solusi di setiap permasalahan. Alloh tidak akan pernah membiarkan hamba-hambaNya tenggelam dalam lautan masalah, ketika hamba tersebut sudah menjadikan-Nya sebagai sandaran tunggal.

author
Penulis: 
Catatan Sederhana Kang Aef

Tinggalkan pesan "Selalu ada Solusi Serumit Apapun Masalahnya : Jangan Pernah Putus Asa !!"