Ciptakan Peluang Keberuntungan Sesering Mungkin (inspirasi timnas Portugal part 2)

Masih ingat dengan inspirasi pertama? yuuk baca lagi heee, klik disini Grafik Hidup

Sekarang kita lanjut pada Inspirasi kedua :

ciptakan peluang keberuntungan sesering mungkin

2. Ciptakan peluang keberuntungan sesering mungkin

Banyak yang bilang bahwa Portugal terus-menerus dinaungi keberuntungan. Bagaimana mereka bisa lolos dari fase grup padahal hanya mengumpulkan poin 3. Tapi dengan poin tiga ini justru adalah keuntungan bagi mereka, karena posisi fase berikutnya mereka berada bersama Wales, Kroasia, Polandia, Irlandia Utara, Hungaria dan Belgia. Beruntung karena level tim nya sama (walau tidak menjamin sich..).

Keberuntungan berikutnya adalah ketika menghadapi Kroasia. Sepanjang pertandingan Kroasia menghasilkan beberapa peluang namun tidak jadi gol. Tapi Portugal, hanya satu gol saja dan terjadi di menit akhir tambahan waktu yang kedua. Bluaaaar menyakitkan bagi Modric dan kawan-kawan, harus tersingkir di menit akhir pertandingan, padahal mendominasi permainan.. heee.

Di fase per-empat final, lagi-lagi Portugal mengkandaskan mimpi Lewandowski dan rekan, melalui drama adu finalti. Jelas ini kembali disebut banyak orang sebagai keberuntungan, karena adu finalti..heee, katanya begitu. Hanya saat menghadapi Wales saja mulai sedikit orang menganggap itu bukan keberuntungan, mungkin grafiknya sudah makin naik (lihat tulisan saya sebelumnya). Tapi ketika di Final, lagi-lagi orang bilang itu keberuntungan, betapa banyak peluang Prancis yang mestinya jadi gol, namun diselamatkan tiang gawang yang dijaga Rui Patricio.

Ok saya kira cukup mengulas keberuntungan Portugal.

Sekarang saya ingin menekankan bahwa saya tidak setuju dengan istilah “keberuntungan”. Karena keberuntungan adalah proses, tidak ada yang terjadi begitu saja tanpa musabab. Keberuntungan itu akan mengikuti orang-orang yang hebat, orang-orang yang punya mental pemenang, orang-orang bermental baja dan tidak pernah putus asa, orang-orang dengan attitude baik, orang-orang yang mau berubah dan seterusnya.

Lihat Portugal di Euro tahun ini. Bagaimana mental pejuang terlihat jelas dalam gestur para pemainnya, hampir di setiap pertandingan. Mental yang punya kemauan untuk terus berubah di setiap pertandingannya. Mental yang terus bergerak, seakan pemain terus memacu adrenalin mental mereka. Gol yang terjadi di menit akhir saat menghadapi Kroasia adalah bukan keberuntungan, tapi merupakan hasil dari proses mental juang mereka, dan kemudian disebut keberuntungan.

Pada saat final timnas Portugal dalam masalah skill memang kalah dibandingkan dengan Prancis, mereka hanya memiliki sosok Cristiano Ronaldo yang skillnya diatas rata-rata. Itupun di menit 25 harus keluar karena cidera. Dan yang mereka lakukan bukan menjadi down, tapi kemudian satu sma lain saling menguatkan mental. Karena bagaimanapun juga main dibawah tekanan pendukung tuan rumah serta level yang berbeda dalam hal skill tidaklah mudah kecuali dengan mental yang membaja untuk menjadi pemenang.

Akhirnya terlihat jelas di lapangan. Prancis secara logika harusnya menjadi mudah mengalahkan Portugal, namun nyatanya mental mereka menjadi benteng kokoh.

Pasca CR7 keluar tersebut, Pemain Portugal memperlihatkan gestur yang lebih semangat, tanpa beban, tenang, kerjasama tim terkoordinir dengan rapih, seakan menggambarkan kekuatan mental mereka. Sementara Prancis terlihat jelas penuh beban kemenangan (mungkin karena euforia tuan rumah), sehingga permainan mereka sangat hati-hati, pemain seakan bermain individu, tidak ada kolektivitas tim yang selama ini ditunjukan, gestur pemain tidak tenang seakan mempertontonkan mental mereka yang drop menanggung beban.

Hasilnyapun aliran bola lebih terlihat rapih Portugal. Dan berkali-kali merepotkan pertahanan Prancis. Puncaknya terjangan Eder membuat gelar sang juara menjadi milik mereka. Dan ingat Portugal belum pernah kalah, jangan lupakan itu, karena artinya kejayaan mereka menjadi juara adalah karena proses yang bagus.

Seperti halnya kehidupan kita, hanya orang-orang yang terus berjuang tanpa mengenal lelah yang akan menjadi pemenang. Kita sering punya mimpi, tapi tak memiliki mental untuk mewujudkannya. Sungguh betapa mental ini menjadi poin penting dalam memperjuangkan sesuatu.

Tidak ada yang instan dalam hidup ini. Semuanya perlu proses. Dan proses itu harus diperjuangkan, dijalani serta dilewati. Kekuatan mental akan menentukan apakah berhenti atau terus melangkah andai terjangan ombak menghadang.

Kesuksesan seseorang itu ditentukan 80% nya oleh mental, selebihnya skill. Dan ingat dalam mental tersebut ada proses mendatangkan keberuntungan. Karena keberuntungan itu bukan milik mereka yang banyak mengeluh, atau mereka yang mudah mundur ketika dihadapkan pada ombak besar. Orang-orang yang bertahan adalah mereka yang memiliki mental pemenang, mereka yang terus memelihara mimpi apapun hadangannya.

Al Quran pun jelas mengajarkan itu, bahwa semua yang terjadi dalam kehidupan ini bukan karena sebuah kebetulan. Tapi murni ada pengaturan Alloh yang Maha Teliti (lihat QS. Arroad : 39, atau alhadiid : 22-23 atau baca saja alqurannya biar tau..hee).

Kesuksesan itu bukan karena kebetulan, tapi murni karena Alloh menilai proses kita meraih kesuksesan adalah layak diberikan kesuksesan. Kemenangan itu bukan karena kebetulan, melainkan karena proses dari mental pemenang.

Timnas Portugal menjadi juara bukan karena keberuntungan tapi karena proses, mental yang kuat akan melancarkan proses menghasilkan keberuntungan. Sukses itu bukan karena keberuntungan, tapi karena proses, mental sukses akan mempermudah proses menuju keberuntungan.

Sudah faham ?? Kalau sudah faham, segera action untuk menciptakan peluang.  Seperti teori melemparkan dadu : Lemparkan dadu sesering mungkin, kuatkan mental dan jangan berhenti sebelum angka 6 yang muncul. Semakin sering berproses melemparkan dadu, maka keberuntungan mendapatkan angka 6 pun akan semakin sering.

Salam Sukses, berkah dan berlimpah…

Inspirasi yang lainnya >> klik disini : Inspirasi kesatu, Inspirasi Ketiga

author
Penulis: 
Catatan Sederhana Kang Aef

Tinggalkan pesan "Ciptakan Peluang Keberuntungan Sesering Mungkin (inspirasi timnas Portugal part 2)"