Sekilas tentang Kategori Tadabbur dalam Kangaef.com

Tidak ada komentar 461 views

sekilas tentang kategori tadabbur dalam kangaef.com

Ada salah satu sahabat kangaef.com yang rajin baca postingan di website ini menanyakan perihal kategori tadabbur. Apa sich tadabbur itu? Bukankah kata tadabbur sering berkaitan dengan Alqur-an?

Ini sebenarnya tidak perlu dibahas sich..hee, tapi setelah dipikir bolak-balik oke juga nich bisa jadi satu ide artikel yang menarik materinya. Baik sahabatku langsung saja kita kupas alasannya, kenapa salah satu kategori dalam web ini diberi nama tadabbur. Cekidot…

Kata tadabbur memang sering beriringan atau berdampingan dengan kata Alquran; dimana umum sering disandingkan dan membentuk kalimat “tadabbur alqur-an”.

Banyak pengertian yang memaknai arti tadabbur ini. Secara bahasa atau asal-usul kata saya tidak bisa menjelaskannya, heee takut salah. Bagusnya tanya langsung ke ulama ahli kosa kata bahasa arab (ahli nahwu shorof dan lainnya).

Kalau melihat dari berbagai versi pemaknaan, maka kesimpulan sederhana saya tadabbur bisa kita maknai sebagai kegiatan memikirkan sesuatu untuk kemudian ditelaah sehingga menghasilkan pemahaman dari setiap apa yang dilihat, didengar atau dirasa. Hasil akhirnya nanti adalah sebuah refleksi pembelajaran hidup dari kejadian-kejadian tersebut (ibroh).

Lalu kenapa muncul ide kategori ini ?

Ide kategori tadabbur dalam website kangaef.com ini berawal ketika saya merasa banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari kehidupan. Setiap melihat sesuatu, mendengar sesuatu dan bahkan mengalami sesuatu selalu saja ada pesan yang ingin disampaikan Alloh pada hamba-Nya yang berfikir.

Saya meyakini bahwa semua kejadian yang terjadi pada kita atau pada orang lain disekitar kita, bukanlah asal-asalan terjadi. Semuanya sudah didesain serapih mungkin oleh Alloh. Semuanya sudah diperhitungkan secermat mungkin oleh Alloh yang tidak pernah keliru. Dan yang paling berharga adalah Alloh selalu berkomunikasi disetiap kejadian, seringan apapun kejadian itu, sesederhana apapun kejadian itu, ada pesan didalamnya. Ini yang kemudian saya anggap begitu pentingnya tadabbur. Sehingga selalu ada perbaikan dan kebaikan dalam hidup kita.

Dalam surat At-Taubah ayat 51, dengan jelas Alloh berfirman : Katakanlah ‚Äúsekali-kali tidak akan menimpa kami, melainkan apa yang telah ditetapkan oleh Alloh bagi kami. Dia lah pelindung kami dan hanya kepad Alloh orang-orang beriman harus bertawakal”.

Inilah alasan kenapa beberapa artikel dalam website ini saya masukan dalam salah satu kategori yang diberi nama Tadabbur. Dan ternyata kategori inilah yang kemudian mengundang salah satu penerbit buku untuk mempublikasikannya. Walau kemudian harus dipending karena ada syarat yang belum bisa saya penuhi perihal kuantitas artikel. Sebenarnya bisa saja saya kejar target dengan kemudian membabi buta menulis, tapi tidak.. kategori ini ide-idenya mengalir secara natural, seiring dengan berbagai kejadian yang terekam dalam setiap episode hidup. Tidak bisa dibuat-buat atau dicari secara teori heee.. (sok gaya gue..!!). Akhirnya yoo wis, kalau masih rizkinya yoo kapan-kapan akan ketemu lagi, bukan sekarang.. aamiin.

Akhir dari artikel ini, saya ingin mengajak seluruh sahabat kangaef.com untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang Alloh dengan kacamata iman. Dengan begitu hati akan tetap adem, tenang, tidak ada kegalauan dan kesedihan. Pasti, karena itu janji Alloh dalam Al-Quranul kariim.

author
Penulis: 
Catatan Sederhana Kang Aef

Tinggalkan pesan "Sekilas tentang Kategori Tadabbur dalam Kangaef.com"