Jangan Pernah Bergantung pada Orang Lain (inspirasi timnas Portugal part 3)

Tidak ada komentar 401 views

Sahabat kangaef.com Biar mantap baca lagi dari Inspirasi kesatu klik Grafik Hidup , Inspirasi kedua klik Peluang Keberuntungan , sekarang go to inspirasi ketiga.

Inspirasi ketiga :

jangan pernah bergantung pada orang lain (timnas portugal)

3. Jangan pernah bergantung pada orang lain dan jangan biarkan orang lain bergantung pada kita

Timnas Portugal memang memiliki mega bintang Cristiano Ronaldo. Dalam beberapa pertandingan publik tidak lepas membahas dari peran dan pengaruhnya terhadap tim. Pendukung Portugalpun seperti itu, mereka seakan merasa aman menonton timnya bertanding ketika ada Ronaldo di lapangan. Namun semua asumsi itu dipatahkan pada pertandingan final. Tuhan seakan ingin mengajarkan pada banyak orang bahwa jangan pernah melihat pada satu bintang di timnas Portugal, karena bintang sesungguhnya adalah tim itu sendiri.

Sekitar menit 25, Cristiano Ronaldo harus ditandu keluar lapangan karena mengalami cidera serius dan tidak lagi bisa meneruskan pertandingan. Semua pendukung Portugal bahkan mungkin penonton sejagat raya sudah menganggap berat untuk Portugal kalau harus mengalahkan Prancis tanpa sosok CR7.

Namun lihat, timnas Portugal membuka mata publik dan mengajarkan sesuatu yang berharga. Bahwa mereka bukan timnas CR7, tetapi timnas Portugal yang terdiri dari jajaran official tim.

Kejadian ini mengingatkan saya pada pengalaman berharga yang pernah saya alami.

Tahun 2015, saya mulai mengembangkan bisnis pulsa dan token. Dimana bisnis ini saya jalankan dengan membuat program downline/agen. Saya buat setiap agen memiliki akun online untuk merekam setiap transaksi mereka. Hanya dalam waktu sebulan, saya memiliki agen puluhan orang dan itu tersebar di berbagai kecamatan, desa, sekolah dan universitas di Ciamis. Setiap hari aliran transaksi financial bisa mencapai ratusan, saya hanya mengendalikannya di depan laptop dengan sistem online.

Semuanya saya handle sendiri dari mulai transaksi deposit, penghitungan laba per closing agen, perekaman transaksi hingga laporan bulanan untuk menghitung total laba dari puluhan agen tersebut. Saya tidak memikirkan untuk membimbing satu atau dua orang sebagai pengendali sistem pusat.. sebuah kesalahan fatal.

Peristiwa itupun terjadi, saya sakit dan harus terbaring selama semingguan. Bayangkan apa yang terjadi dengan bisnis ini? sudah bisa dipastikan semuanya berantakan, aliran roda bisnis terhenti dengan sendirinya, agen tidak bisa berbuat apa-apa karena mereka murni hanya bisa menjual dan hanya menunggu pasokan deposit dari pusat. Laporan keuangan menumpuk, data transaksi tercecer tidak karuan, penghitungan dan pembagian laba macet dan yang parah adalah pasokan deposit stop total dari pihak ke-3 ke saya (pusat) dan dari saya ke agen-agen tersebut.

Maka selama seminggu tersebut sudah dapat dipastikan… heee. Bisnis ambruk, agen hampir 90% mundur menyisakan orang-orang yang tetap loyal dengan saya. Kesalahannya hanya satu, saya tidak membuat sistem sebuah tim, saya tidak melepaskan mereka bergantung pada saya.

Teman-teman yang punya bisnis, saya sarankan untuk membuat sistem yang kuat. Jangan ada penokohan yang kemudian circle bisnis hanya bergantung pada tokoh tersebut. Boleh ada bintang, tapi hanya sekedar untuk brand atau market strategy saja, bukan untuk teknis berjalannya bisnis. Transferkan ilmu pada teamwork anda dan biarkan sistem bekerja, sehingga ketika anda stop, sistem tetap berjalan.

Dalam rumah tanggapun harusnya seperti inspirasi timnas Portugal, ciptakan karakter mandiri pada anak-anak kita, ajarkan mereka agar tidak bergantung pada orang tua. Sehingga mereka tetap bisa survive ketika kita tidak ada. Seorang teman pernah memperlihatkan pesan singkat bapaknya dalam album keluarga, kalimatnya bagus banget : “anak-anakku cepat atau lambat kalian akan hidup sendiri, maka belajarlah mandiri sejak dini. Jangan pernah bergantung pada bapakmu ini, sehingga bapak pastikan kalian tetap bisa bertahan dan menjadi pemenang tanpa bapak” (mirip dengan ucapan CR7 pada timnas Portugal..heee)

Apa lagi yang mau ditulis ? keburu lelah nich mata, pengen istirahat. Itu saja mungkin, yang penting poin intinya sudah tersampaikan.

Yuuk, belajar pada orang lain tapi tidak bergantung pada mereka, setelah itu ajarkan pada yg lain tapi jangan membuat mereka bergantung pada kita.

Inspirasi timnas Portugal yang lain >> Inspirasi kesatu , Inspirasi kedua, Inspirasi ke-empat

author
Penulis: 
Catatan Sederhana Kang Aef

Tinggalkan pesan "Jangan Pernah Bergantung pada Orang Lain (inspirasi timnas Portugal part 3)"